Sabtu, 11 Juni 2011

Alasan knp gw Anti Sinetron Indo...

sebnernya ga perlu alasan seh untuk membenci sinetron kita. cukup nonton aja barang 10 menit, udah benci kok. tapi supaya keliatan lebih ilmiah en inetelek ala resensi di kompas, berikut pembelaan gw.
  1. konsep ga jelas. maksud gw, konsep secara teknis. kalo konsep secara komersil seh JELASSSS bgt! smua aspek dalam sinetron bisa bebas berubah mengikuti pasar. pemain bole diganti seenaknya, cerita juga bebas dibuat belak belok. bahkan genre pun bisa diubah walopun masih dalam 1 judul. gw masih inget dolo ada sinetron (yg judulnya sangat tidak layak untuk diingat), awalnya ttg cinta2an anak SMU gitu, lalu berubah jadi drama ratapan ibu tiri dan terakhir berubah lagi jadi horor lengkap dengan pocong dan kuntilanak. woohoo! :xdc
  2. artis palsu. tampang bole cakep cakep cuakepp, tapi akting NOL BESAR. ini sinema, bukan bakso. itulah knapa artis sinetron slalu punya usaha sampingan seperti butik, resto, properti, bandar togel etc, untuk jaga2 klo udha ga laku lagi. krn dalam kurun 5 tahun, akan lahir lagi ribuan pemain muda yg lebih oke dan lebih cakep cakep cuakep, yg mampu membuat artis senior keliatan kaya mbah2. bandingkan dgn artis beneran, umur bukan masalah. klo emang kompeten, biar kakek2 tetep dipake. see: deddy mizwar, didi petet, christine hakim dll.
  3. script. tidak ada hal yg lebih buruk dripada script sinetron kita. dialog ancur. gaya bahasa terlalu dibuat2. tema remaja tapi dialog mirip surat perjanjian jual beli tanah.
  4. ga realistis. sinema emang ga mesti logis dan sesuai kehidupan nyata. tapi entah knapa, gw lebih percaya neo bisa menghindari peluru (pilm the matrix) ketimbang dalam salah satu sinetron tokoh utamanya di toel mobil dikiiit aja langsung amnesia. ngehe.
  5. adegan itu2 aja. boleh diitung ada brapa kali adegan ditabrak mobil tapi diselamatkan temen/pacar etc. lalu yg jadi korban adalah si penyelamat. ato adegan tabrakan badan ga sengaja (biasanya bawa buku) trus kenalan. basi basi basi ah
  6. kejar tayang. maklum kok, mutu ga penting. yg penting bisa 20 episode per minggu dan 200 milyar sebulan.
  7. menguasai tipi. dulu2, sinetron itu cuma ada malem2 jam 7-10. skr, lo bisa nemu tu sinetron selama 24 jam di setiap channel. PUASSS PUASS PUASSS??? BIJI...
  8. meremehkan penonton. maksud gw bgini, klo pilm hollywood (ya elah ngambil perbandingan jauh bgt di langit), kita bisa tau apa yg dirasakan oleh salah satu tokohnya hanya lewat mimik muka ato bahasa tubuh. penafsiran berbeda oleh penonton terhadap ekspresi dan bahasa tubuh justru merupakan esensi utama dari sinema. singkatnya, beda penafsiran itu yg bikin seru. nah kalo di sinetron, tokohnya mesti ngomong sndiri panjang lebar biar penonton tau apa isi hatinya. paling maksimal, pake narasi yg berisi isi pikiran si tokoh. gila, mereka pikir ini lenong? jelas2 si sutradara mengira kita ini sebage penonton pada bego smua.
  9. ga ada pesan moral. gmana mau ada pesan klo konsepnya aja udha ga jelas (lihat poin 1), artisnya palsu semua (poin 2) dan scriptnya ancur (poin 3)
  10. soundtrack maksa. yg penting lagunya ngetop dan yg nyanyi ngetop. selesai urusan. no curhat. no bacod.

1 komentar: